Senin, 24 Maret 2014

Pertambahan Array Dua Dimensi

Back to pemrograman..
Pertemuan kedua praktikum algo2 kami di warnai dengan pembelajaran tentang Array Dimensi Dua dan Multi Dimensi. Kami di minta membuat program-program sederhana yang ada di modul.

Asdos kami Mas Noval, menjelaskan satu persatu dari program dan apa aja fungsi yang dipakai buat program tersebut. Sekali-sekali Mas Noval bagi-bagi bonus dengan meminta siapa aja yang berani maju untuk menjelaskan program yang ada, kalo benar akan bebas dari tugas minggu ini. Semua pada nyengir kuda, entah bisa tapi malu maju, atau emang ngga bisa tapi pengen maju. Termasuk saya yang ngerti tapi saya takut aahhh ZONK hahaha



Akhirnya terpilih dua orang terkece, Alfian dan Aldo yang maju kedepan untuk menjelaskan. Walaupun sedikit membingungkan cara mereka menjelaskan, tapi mereka dua orang beruntung yang dapat point plus ditambah bebas tugas minggu ini.

Sisa nya, termasuk saya :') mendapatkan tugas yang di posting di blog ini..
Di sini saya akan memposting + menjelaskan tentang program pertambahan array dua dimensi, dengan ordo yang bisa ditentukan oleh pengguna.

Pertama-tama saya membuat program seperti biasa dan membuat kalimat pembuka pada program.

pada program ini saya menggunakan integer seperti gambar di atas. Dilanjutkan dengan embel-embel kata-kata pembuka program, supaya terlihat bagus aja gitu hahahha :p
Selanjutnya...
Karena pada program ini Mas Noval meminta kami untuk user yang memasukkan jumlah baris dan kolom, maka saya membuat coding seperti di atas, dengan beberapa tipe data tambahan yaitu int.
Setelah itu...
Saya menggunakan fungsi if untuk membuat switch case, pada coding input elemen matrik jika b==c maka program dapat berjalan, jika tidak program akan masuk ke dalam menu yang akan saya tampilkan pada gambar selanjutnya.
Gambar diatas dapat dilihat menu yang dibuat, dengan menggunakan beberapa tipe data tambahan. Selanjutnya..
Gambar di atas adalah coding untuk menampilkan isi matrik yang telah user masukkan pada coding foto ke tiga. Pada coding ini saya menggunakan for dalam for untuk membuat tampilan seperti matrik dan tersusun rapi menurut yang user inginkan.
Berikut ini adalah rumus pertambahan dalam coding dan coding untuk menampilkan hasil penambahan dari dua buah matrik A dan B. Dan terakhir adalah hasil output dari program di atas.
Berikut adalah tampilan output selanjutnya dari program pertambahan array dua dimensi.

Pada program ini, saya sebagai user memasukkan Matrik A dengan ordo 2,3 dan Matrik B dengan 3,2. Di program ini b == c maka program berjalan. Jika tidak maka program akan masuk ke dalam Menu yang telah di buat di coding diatas. 
Sekian penjelasan dari saya yang ngga sempurna ini..
Semoga bermanfaat :D










Tidak ada komentar:

Posting Komentar