Sabtu, 29 Maret 2014

Belajar Unsur Java PBO yeeahhh :D

Praktikum.pertemuan.ketiga.unsurJava.membingungkan.Hahahahaha

Pertemuan ketiga PBO asdos kami Mas Alex membahas tentang unsur-unsur yang ada di dalam Java. Dengan sabar Mas Alex menjelaskan satu persatu unsur-unsur tersebut, seperti Class, Method, Constructor, Modifier, Object dan Package. Panjang lebar Asdos kami mejelaskan cuma sedikit hal yang bisa saya mengerti dengan jelas, bukan dikarenakan asdos yang tidak bisa mengajar malah sebaliknya asdos kami sangat sabar mengajakan satu persatu unsur--unsur tersebut supaya kami dapat mengerti dengan baik. Namun dikarenakan bahasa yang susah di mengerti maka kami pasrah dan
menunggu praktek yang sesungguhnya, mungkin dengan di praktekkan secara langsung hal tersebut akan lebih mudah di mengerti dan dipahami. Maaf kan otak saya yang susah memahami dengan baik ini Mas Alex O:) 

Setelah selesai menjelaskan dengan sabar Mas Alex menyadari kebingungan kami, maka dia langsung mengarahkan untuk langsung mengetik contoh program yang dapat menjelaskan unsur-unsur dari Java tersebut. Dia menuntun kami dari program yang paling pertama hingga terakhir. Tanpa kami sadari Mas Alex mengotak atik program tersebut, dia membiarkan program itu salah. Sehingga kami akan mencari kesalahan tersebut dan berfikir keras. Dan tanpa disadari juga, dengan metode pengajaran tersebut akhirnya kami dapat memahami dan membedakan Unsur-unsur yang telah digunakan dan yang dimaksudkan oleh Mas Alex pada penjelasan materi pertama tadi.

Dalam pembuatan program yang telah benar :
Pertama-tama kami di minta untuk membuat beberapa buah package yang pertama di beri nama Bab2.makhlukhidup, kedua Bab2.makhlukhidup.hewan dan yang ketiga MainMakhlukHidup. 


 Setelah itu kami diminta membuat sebuah class Manusia.java pada package Bab2.makhlukhidup. Di class Manusia.Java kami mengetik source code seperti di bawah :


Pada source code dapat dilihat bahwa terdapat unsur method dan construktor. 
Setelah mengetik source di atas kami diminta untuk membuat class baru yang diberi nama Burung.java dan dimasukkan pada package Bab2.makhlukhidup.hewan. Source tersebut berisi :

Dalam source ini juga terlihat beberapa method seperti method penyimpan nama, method penghapus nama dan method pengambil nama. Serta beberapa unsur construktor dan modifier.
Selanjutnya kami meneruskan dengan membuat class baru yang di beri nama MainMakhlukHidup.java dan di masukkan ke dalam package MainMakhlukHidup. Source tersebut adalah sebagai berikut :

Dalam source ini terdapat unsur object. Setiap objek dapat diperlakukan secara berbeda oleh objek-objek lain yang menggunakannya. Dibutuhkan operator new untuk membuat objek dari suatu kelas.
Selanjutnya beberapa class yang kita buat tadi di running, running pada class yang memuat MainMakhlukHidup, maka akan muncul hasil output sebagai berikut :
Selasai penjelasan tentang Unsur-unsur java, untuk lebih jelas tentang pengertian dari beberapa unsur tersebut bisa di cari diberbagai situs pencari lain. Maaf mas jika ada penjelasan yang kurang tepat. Sekian cerita pembelajaran pada pertemuan ketiga kemaren ^_^v

Tidak ada komentar:

Posting Komentar